Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Tanda Stroke yang Harus Anda Ketahui dan Waspadai!

Ternyata, sekitar 80% masyarakat Indonesia masih belum mengetahui apa saja yang menjadi gejala stroke. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab kematian karena stroke cenderung meningkat pesat tanpa pencegahan.

Melindungi diri dengan asuransi penyakit stroke memang keputusan yang tepat sebagai proteksi jika terjadi sesuatu di kemudian hari. Namun demikian, di sisi lain, Anda juga harus memahami serta mewaspadai apa saja tanda stroke berdasarkan situs Siloam dan situs Hello Sehat: 

1. Senyum Tidak Simetris
Tanda yang pertama ini memang sangat sederhana dan mungkin banyak yang tidak memperhatikannya. Ketika senyum menjadi tidak simetris, biasanya posisi salah satu ujung mulut akan terlihat naik.

Selain senyum yang berbeda, kondisi tersebut juga mengakibatkan penderitanya merasa tidak nyaman, seperti kesulitan ketika minum air dan bisa mengalami tersedak. 

2. Tiba-tiba Lemas
Ketika Anda merasa tiba-tiba lemas maupun mati rasa, maka ini juga bisa menjadi tanda stroke. Kondisi mati rasa ini biasanya terjadi pada wajah, lengan, maupun kaki. Masalah tersebut juga tidak datang sekali, melainkan beberapa kali. Namun, biasanya waktu atau intensitasnya terkadang sulit diprediksi. 

3. Tiba-tiba Bingung
Stroke dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kebingungan secara tiba-tiba. Kondisi ini juga termasuk kesulitan di dalam memahami ucapan orang lain hingaa kesulitan berbicara.

Misalnya, ketika Anda mengetik di komputer maupun sedang mengobrol, tiba-tiba Anda kesulitan berpikir, berbicara, maupun memahami ucapan. Bagi yang sering mengalami hal seperti ini, maka akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter.

Penanganan sejak dini berpotensi meningkatkan peluang Anda untuk sembuh. Anda juga akan terhindar dari masalah stroke yang serius yang mungkin sulit untuk disembuhkan. 

4. Mendadak Sakit Kepala
Tanda stroke berikutnya adalah tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala yang penyebabnya belum Anda ketahui. Kondisi ini bisa jadi indikasi bahwa Anda mengalami stroke.

Biasanya sakit kepala tersebut juga bersamaan dengan mual, pusing, muntah, serta perubahan kesadaran. Bahkan, untuk beberapa kasus tertentu bisa mengakibatkan kejang tubuh. 

5. Kehilangan Keseimbangan
Keseimbangan yang bermasalah juga mengindikasikan penyakit stroke telah menyerang. Misalnya, Anda kesulitan ketika berjalan atau berjalan sempoyongan. Bahkan pada kondisi yang parah, bisa menyebabkan Anda hilang ingatan.
Sudah Paham Apa Saja Tanda Stroke?

Sekian informasi tentang apa saja yang menjadi tanda stroke. Sebenarnya masih banyak tanda-tanda lain, seperti rabun, kesemutan di separuh badan, perubahan mental, dan sebagainya. Intinya, ketika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segera konsultasikan dengan dokter dan jangan menunda. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar