Ticker

6/recent/ticker-posts

Pahami Tingkatan Kecepatan Internet Agar Tidak Bingung

memahami tingkatan kecepatan

source: gadgetren.com

Ternyata masih banyak yang belum paham tentang tingkatan kecepatan internet. Mungkin Anda pernah melihat iklan dari Provider Internet Dedicated Indonesia yang menawarkan kecepatan 10 Mbps, 20 Mbps, dan seterusnya. Akan tetapi ketika Anda melihat kecepatan internet melalui Internet Download Manager berbeda.

Satuan Tingkatan Kecepatan Internet

Jika Anda perhatikan satuan kecepatan yang tersedia di provider jaringan dan aplikasi IDM yang Anda gunakan berbeda. Misalnya, Anda berlangganan internet dengan kecepatan 20 Mbps.

Namun, ketika Anda mendownload aplikasi ternyata kecepatannya hanya 4,2 MBps. Maka dalam hal ini, Anda harus memahami satuannya:

  • MBps: Mega Byte per second
  • Mbps: Mega bit per second
  • KBps: Kilo Byte per second
  • Kbps: Kilo bit per second
  • B: byte
  • b: bit

1 byte sama dengan 8 bit. Sementara itu, untuk 1 Mbps sama dengan 1000 Kbps. Kemudian, 1 Gbps sama dengan 1000 Mbps.

Tingkatan Kecepatan Internet yang Harus Anda Pahami

Berikut ini ulasan singkat mengenai tingkatan kecepatan internet yang perlu Anda ketahui:

Mbps

Seperti penjelasan sebelumnya, Mbps merupakan akronim dari Mega bit per second. Jika Anda terjemahkan ke bahasa Indonesia maka artinya Mega bit per detik. Mbps merupakan satuan kecepatan yang lebih kecil dari pada MBps.

Memang penulisan hurufnya sama, namun ada perbedaan pada huruf 'B'. Pada Mbps huruf 'B'-nya tidak menggunakan huruf kapital. Satuan Mbps merupakan satuan yang menunjukkan kecepatan internet per bit dalam setiap detik.

Lazimnya, satuan Mbps ini dipakai oleh IPS atau Internet Service Provider. Maka dari itu, ketika Anda menggunakan speedtest, maka satuan yang muncul nanti adalah Mbps.

MBps

MBps menggunakan byte bukan bit. Ada beberapa perbedaannya, seperti perangkat yang digunakan serta ukurannya. Biasanya untuk MBps merupakan satuan yang biasanya digunakan untuk perangkat, seperti laptop, smartphone, komputer, modem, dan beberapa perangkat yang lain.

Jadi kecepatan yang Anda dapatkan tersebut berbeda dari apa yang Anda terima dari ISP. Ketika Anda mengunduh film maupun aplikasi tertentu menggunakan IDM atau aplikasi downloader yang lain, maka Anda bisa menemukan perbedaannya. Satuan kecepatan yang muncul di IDM bukan Mbps melainkan MBps.

Faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Tes Internet

Setelah mengetahui tingkatan kecepatan internet, mungkin Anda tertarik untuk mengetes berapa kecepatan internet yang Anda gunakan sekarang. Akan tetapi, untuk hasil tesnya sendiri bersifat fluktuatif karena ada beberapa hal yang mempengaruhinya, seperti:

  • Jumlah perangkat yang tersambung ke jaringan internet.
  • Jenis perangkat yang Anda gunakan untuk mengetes kecepatan internet, seperti smartphone atau laptop.
  • Server uji tes mana yang Anda gunakan.

Sudah Paham tentang Tingkatan Kecepatan Internet?

Seperti itulah pembahasan singkat seputar tingkatan kecepatan internet. Kesimpulannya, paket internet yang Anda dapatkan dari ISP satuannya berbeda dari satuan kecepatan ketika Anda mendownload aplikasi atau file tertentu. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar